Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Peperomia dengan Corak Daun Paling Menawan

Selain bunganya yang elok, salah satu daya pikat dari tanaman hias adalah bentuk, warna, dan corak daun yang menyegarkan. Sebagian besar tanaman dalam ruangan punya karakteristik daun demikian untuk menambah kesejukan di rumah.

 

Memiliki daun mungil dengan batang lunak membuat Peperomia mendapat tempat tersendiri bagi para pencinta tanaman. Tanaman dari Brazil ini terdiri dari kurang lebih 1600 spesies, lho! Berikut kami berikan varietas Peperomia dengan corak daun paling unik yang bisa kamu koleksi. Yuk, intip di bawah ini!

 

1. Peperomia Argyreia

 

Berasal dari Amerika Selatan, Peperomia Argyreia tampak atraktif dengan warna daun hijau kombinasi silver. Tanaman ini dapat tumbuh dengan tinggi hingga 6-12 inci. Peperomia yang juga dikenal sebagai Watermelon Peperomia ini biasanya diletakkan berdampingan dengan tanaman indoor lain karena bentuknya yang mungil.

 

Bisa dipakai sebagai air purifier, Peperomia Argyreia bermanfaat sebagai penyerap udara beracun dalam ruangan, lho!  Perawatannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menjaga Peperomia Argyreia mendapat cukup air dan mengurangi penyiraman saat musim hujan atau dingin.

 

2. Peperomia Caperata

 

Peperomia Caperata dengan warna emerald ini merupakan spesies dengan bunga yang dapat tumbuh hingga tinggi 8 inci. Daunnya membentuk hati dengan warna bunga putih berdiameter 2-3 inci yang mekar di musim panas.

 

Caperata membutuhkan temperatur minimum 15 derajat Celcius agar mampu bertahan. Tanaman dalam ruangan ini populer dengan nama lain Luna Red dan menyandang predikat Royal Horticultural Society's Award of Garden Merit. Warna daun yang membentuk reddish purple terlihat elok untuk mempermanis hunianmu.

 

3. Peperomia Glabella

 

Peperomia Glabella merupakan varietas yang berasal dari India Barat dan Amerika Selatan. Glabella bisa tumbuh secara epifit pada pohon maupun dalam tanah dengan kondisi temperatur hangat. Daunnya berwarna oval dengan warna hijau muda hingga hijau tua, tergantung pada tingkat cahaya yang diberikan di area tumbuh.

 

Jenis Peperomia ini tumbuh subur di dataran tropis dan sering kali dijadikan tanaman hias untuk dekorasi rumah. Terkenal dengan nama Cypress Peperomia, Glabella juga biasa ditempatkan pada terarium sebagai hiasan dinding, lho!

 

4. Peperomia Hope

 

Hadir dengan nama ilmiah Peperomia Rotundifolia, varietas Peperomia Hope memiliki daun lebih kecil dengan tangkai yang menjuntai ke bawah. Inilah kenapa Rotundifolia juga sering dijadikan tanaman gantung dalam ruangan dengan warna hijau yang menyegarkan. Batangnya yang membentuk sukulen ekor menyerupai tanaman jade plant.

 

Ratundifolila akan tumbuh subur pada temperatur daerah tropis. Peperomia Rotundifolia terdiri dari hampir 100 spesies, dua yang paling populer adalah peperomia quadrifolia dan peperomia deppeana. Sesuai namanya, Peperomia Hope konon dapat memberikan harapan bagi si pemilik.

 

5. Peperomia Clusiifolia

 

Peperomia Clusiifolia, atau yang juga dikenal sebagai Jelly Peperomia, memiliki daun berwarna hijau kombinasi pink dan putih dengan bentuk oval. Clussfolia dapat tumbuh hingga 6 sampai 7 inci. Tiga warna pada Jelly Peperomia bisa muncul sempurna jika diberi cahaya yang cukup.

Peperomia

Saat ingin menempatkan di dalam ruangan, kamu bisa meletakkan pada area yang mendapatkan sinar matahari secara tidak langsung agar daunnya tidak terbakar. Jika kamu tertarik mengoleksi Peperomia dengan bentuk yang unik, Clussfolia bisa jadi salah satunya.

 

Itu tadi beberapa jenis Peperomia yang bisa kamu koleksi di rumah. Mana Peperomia yang paling memikat menurutmu?

Posting Komentar untuk "5 Jenis Peperomia dengan Corak Daun Paling Menawan"